Space: Aplikasi Daring Buatan PT Pos Indonesia

Disrupto-Article20-PosIndonesia.jpg

Perubahan yang ekstrem akibat pandemi COVID-19, membawa pengaruh yang sangat besar bagi banyak sektor dalam kehidupan masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia – harus bekerja, sekolah, hingga beribadah di rumah saja – dilakukan secara online, kecuali bagi mereka yang memang harus beraktivitas di luar rumah.

Kondisi ini akhirnya membawa manusia pada konsep new normal atau kenormalan baru yang secara bertahap mulai diimplementasikan di banyak negara. Berbagai pihak dan sektor industri mulai melakukan persiapan untuk menghadapi tatanan kenormalan baru, salah satunya adalah PT. Pos Indonesia. 

Badan usaha milik negara ini melakukan terobosan dengan mengembangkan layanan digital dan membuat aplikasi video conference sebagai media rapat secara virtual yang diberi nama Space. Direktur Strategis dan Kelembagaan PT. Pos Indonesia (Persero) Noer Fajrieansyah mengatakan dengan hadirnya aplikasi Space ini, PT. Pos ingin menciptakan kemudahan dan meningkatkan pelayanan pelanggan di The New Normal melalui layanan digital.

Pengembangan aplikasi Space pada tahap awal ini, lanjut dia, diharapkan menjadi solusi atas kebutuhan komunikasi dan koordinasi internal yang lebih cepat serta efisien dalam menunjang operasional bisnis yang salah satu diantaranya distribusi Bansos tunai dan non-tunai terutama saat kondisi pandemi COVID-19.

Space dibuat dan dikembangkan sendiri oleh tim IT internal Pos Indonesia. Aplikasi ini juga punya kelebihan dari layanan virtual lain, karena tetap bisa berjalan pada koneksi data rendah minimal 50 Kbps, juga mampu menjangkau wilayah pelosok.

Aplikasi ini tetap bisa berjalan pada koneksi data rendah minimal 50 Kbps, juga mampu menjangkau wilayah pelosok.

Fitur yang ditawarkan Aplikasi Space antara lain aplikasi berbasis web, terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen SDM PT Pos Indonesia dan tersedia dalam versi android mobile.

Previous
Previous

Selamat Tinggal, Segway

Next
Next

Belajar Dari TikTok