AirAsia Segera Bersaing Dengan GoJek dan Grab
Pendiri maskapai penerbangan AirAsia, Tony Fernandes, tengah menyiapkan sebuah aplikasi yang ia harapkan bisa menjadi '“aplikasi super” untuk Asia Tenggara sebagai penyelamat bisnis penerbangannya yang terpukul oleh pandemi.
Melalui aplikasi tersebut, ia ingin bersaing dengan pemain besar seperti Grab, GoJek, dan WeChat yang telah lebih dahulu memiliki aplikasi super di mana pengguna dapat melakukan segala hal mulai dari memesan makanan, berbelanja, melakukan pembayaran, mendapatkan hiburan, hingga memesan transportasi.
Sebagai informasi, semenjak pandemi AirAsia harus memotong hingga 30% dari pegawainya.
Dalam wawancara yang diambil dari BBC, Tony menyatakan bahwa ia telah menghabiskan banyak waktu untuk meningkatkan aplikasi AirAsia dan platform pembayaran BigPay miliknya.
Sebagai permulaan, AirAsia telah menyimpan data lebih dari 60 juta konsumen. “AirAsia sejak awal selalu menjadi perusahaan digital. Kami adalah salah satu maskapai pertama yang menjual tiket secara online. (Digital) telah ada dalam darah kami.” Tambah Tony.
“Saya paham bahwa aplikasi super terdengar seperti target yang cukup ambisius, tapi GoJek dan Grab pun memulai dari hal kecil seperti aplikasi pengantaran makanan atau pemesanan transportasi. Lagi pula, orang mempertanyakan saya sama halnya saat saya memulai AirAsia dulu.” Pungkasnya.
Masih belum ada detil lebih lanjut mengenai nama, fitur, serta tanggal pasti peluncuran aplikasi super tersebut.